Tentang Salvia Divinorum




Para pembaca di sini ada yang sudah mengenal tanaman Salvia Divinorum ?  Baiklah saya akan menjelaskan mengenai tanaman Salvia Divinorum. Salvia Divinorum ini tanaman exotic dan bisa digunakan untuk terapi psikologi,depresi,hopeless dan useless dengan cara halusinasi extreme untuk mengubah sudut pandang seseorang terhadap realita hidup. Salvia Divinorum,saat ini masih dikategorikan sebagai tanaman legal di Indonesia, sehingga sangat menarik untuk menjelaskan Salvia Divinorum di blog saya ini.

Salvia Divinorum adalah tanaman yang termasuk keluarga sage (salvia). Saat ini ada 1000 macam jenis sage di dunia.tetapi yang diketahui memiliki kandungan senyawa halusinasi adalah Salvia Divinorum. Salvia itu termasuk keluarga besar dalam family Labiatae. Oleh karena Mint juga disebut juga termasuk dalam keluarga Labiatae,maka Salvia sering dikategorikan sebagai mint. Salvia Divinorum bisa dijadikan tanaman ornamen penghias rumah, tetapi orang-orang biasanya memelihara dan merawat Salvia Divinorum karena tertarik pada efek  senyawa psikoaktif yang terkandung dalam daun Salvia Divinorum.

Bentuk Daun Salvia Divinorum
Salvia Divinorum ditinjau dari namanya berasal dari  kalimat ” Sage of Diviner”. Bila Salvia Divinorum dikonsumsi secara tepat , maka bisa menghasilkan ilusi/halusinasi yang bisa memberikan petunjuk untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menimpa pada orang yang mengkonsumsi Salvia Divinorum. Atau dalam terapi holistik penggunaan Salvia Divinorum ditunjukkan untuk meluruhkan ego dan keakuan agar bisa menerima kenyataan/realita hidup.

Salvia Divinorum adalah tanaman native dari Mexico, hanya ditemui pada pegunungan Sierra Mazateca yang sejuk dan memiliki kelembapan udara yang sangat tinggi di propinsi Oaxaca. Salvia Divinorum sudah digunakan beberapa ratus tahun oleh suku indian di Mazateca untuk upacara keagamaan dan penyembuhan mental.

Mengingat betapa berharganya Salvia Divinorum dalam upacara keagamaan dan penyembuhan bagi suku Indian Mazatec ,maka Salvia Divinorum dijuluki ” Ska Maria Pastora” oleh suku Indian Mazatec. Salvia Divinorum dianggap perwujudan Bunda Maria Sang Perawan. Oleh karena itu Salvia Divinorum selalu dirawat dan diperhatikan untuk menghindari terinjak maupun dirusak saat memetik daun-daun Salvia Divinorum,saat digunakan untuk penyembuhan,divination (petunjuk).

Anda tertarik membudidayakan Salvia Divinorum ? Sayang sekali Salvia Divinorum itu typikal tanaman dataran tinggi dan sejuk seperti anggrek, apel, strawberry dan berbagai tanaman dataran tinggi lainnya. Perlu diingat kembali, secara natural tempat hidup Salvia Divinorum itu berada di ketinggian 750 meter-1000 meter DPL ,di pegunungan Mazatec,Meksiko. Oleh karena itu bagi yang tinggal di dataran rendah dan bersuhu panas, memelihara Salvia Divinorum itu sangat tricky dan butuh ketelatenan serta kesabaran lebih. Berkali-kali saya gagal memelihara Salvia Divinorum dan bisa dikatakan “hopeless” untuk memelihara kembali Salvia Divinorum di dataran rendah, di mana tempat saya tinggal.

Sierra Mazateca yang berkabut (tempat habitat asli Salvia Divinorum)
Ada beberapa penjual tanaman Salvia Divinorum di  daerah Bandung , bila memang anda berminat membeli dan memelihara tanaman Salvia Divinorum.  Harga 1 stek tanaman Salvia Divinorum itu berkisar antara Rp 500.000-Rp 1000.0000 tergantung ukuran.Harga tanaman Salvia Divinorum yang dijual  itu bagi saya sangat mahal dan membuat uang saya banyak yang habis karena pembelian yang berulang-ulang akibat kegagalan memelihara Salvia Divinorum. Dan setelah kejadian itu saya pun memutuskan untuk tidak mau membeli Salvia Divinorum,akibat trauma karena kegagalan.

Untungnya ada teman saya dari dunia maya yang bersedia memberi Salvia Divinorum untuk ditukarkan dengan stek kratom. Saat tulisan ini dibuat, Sudah sebulan lebih saya merawat Salvia Divinorum yang berasal dari teman saya itu, Tetapi apakah saya akan mengalami kegagalan lagi ? Saya tidak tahu, tapi ada harapan karena sudah sebulan lebih saya merawat Salvia Divinorum tersebut dengan metode yang saya adopsi dari memelihara anggrek di dataran rendah.

Perlu diketahui bagi pembaca ,sebelumnya saya juga pernah menerapkan metode memelihara anggrek di dataran rendah kepada tanaman Salvia Divinorum yang saya beli dari penjual di Bandung. Hal ini saya lakukan setelah kegagalan memelihara tanaman Salvia Divinorum yang terjadi beberapa kali. Sayangnya tetap saja gagal dan berakhir dengan mati dengan jangka waktu 3 minggu saja.

Itulah yang membuat saya tergelitik dan bertanya-tanya akan perbedaan hasil antara  tanaman Salvia Divinorum yang saya beli, dengan Salvia Divinorum  yang saya peroleh dari teman saya. Padahal semua Salvia Divinorum itu sama-sama dari Bandung,dan saya menerapkan cara memelihara yang sama. Mungkin saja saya lagi sial dapat tanaman yang sakit  saat dibeli.

Sebenarnya saya juga masih was-was dengan nyawa/ketahanan hidup tanaman Salvia Divinorum pemberian dari teman saya. Andaikata nanti saya berhasil merawat,memelihara,bahkan memperbanyak Salvia Divinorum di dataran rendah dan bersuhu panas dengan kelembapan rendah, maka saya akan membagikan ilmu ini kepada pembaca blog saya.

Sally milik saya (masih dalam tahap adaptasi ke dataran rendah dan panas)
Dari pengamatan saya, para penjual stek Salvia Divinorum di Indonesia hanya ada di kota Bandung. Hal ini dimungkinkan karena Bandung  itu dataran tinggi dan bersuhu sejuk ,khususnya di Lembang. Sehingga Bandung itu jadi tempat yang cocok untuk budidaya Salvia Divinorum. Selama ini, saya menilai para penjual tanaman Salvia Divinorum dari Bandung tidak menekankan atau memberi informasi kepada pembeli mengenai karakter Salvia Divinorum sebagai tanaman dataran tinggi.

Oleh karena tidak adanya penekanan dan pemberian informasi mengenai karakter asli Salvia Divinorum sebagai tanaman dataran tinggi, maka banyak pembeli yang gagal untuk memelihara Salvia Divinorum. Rata-rata penjual Salvia Divinorum hanya memberi informasi dan tips kepada pembeli bahwa Salvia Divinorum itu tanaman yang tidak suka matahari langsung atau  dalam kata lain Salvia Divinorum itu tanaman teduh.

Selama ini belum ada referensi mengenai budidaya Salvia Divinorum di Indonesia.Wajar saja karena Salvia Divinorum atau yang dijuluki Sally oleh orang eropa ,itu belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia . Jadi bila anda berkeinginan memelihara Salvia Divinorum maka anda harus melakukan ujicoba,penelitian,pengamatan sendiri khususnya bagi anda yang tinggal di dataran rendah dan bersuhu panas. Kalau anda tinggal di dataran tinggi seperti Lembang,Batu Malang,Puncak dan dataran tinggi lainnya maka anda tinggal santai duduk manis karena Sally sangat bahagia di tempat sejuk, tanpa mengabaikan faktor -faktor lain seperti hama,dan penyakit yang akan mengancam Sally.

Anda bisa juga belajar mengenai memelihara Sally dari forum luar negri atau internasional. Tetapi perlu diingat, orang-orang eropa atau amerika serikat itu punya tantangan yang berbeda dengan kita dalam memelihara Salvia Divinorum,yaitu  tantangan menghadapi 4 musim. Mereka rata-rata yang sukses memelihara sally ,itu memiliki peralatan indoor yang sangat lengkap dari humidifier,dan heater saat musim salju. Sementara bagi orang yang bernasib sama seperti saya yang tidak punya peralatan, maka kita harus kreatif untuk menjinakkan Sally.

Mengikuti hukum ekonomi, harga stek Sally  di Indonesia cukup mahal karena tanaman ini jarang di pasaran. Faktor susahnya memelihara Sally di dataran rendah berpengaruh pada jarang nya orang yang menjual sally di pasaran.

Selain mahalnya harga stek Sally. Sally juga sulit memperbanyak diri dengan biji (bereproduksi secara generatif). Bunga yang dihasilkan Salvia Divinorum itu sulit menghasilkan biji. Andaikan bunga Salvia Divinorum menghasilkan biji, tetapi biji itu rata-rata  menghasilkan biji  yang mandul. Jadi jangan mudah percaya bila ada orang yang menjual biji Salvia Divinorum,karena tanaman Salvia Divinorum yang beredar di pasaran itu dihasilkan dari cutting/stek.

Bentuk Bunga Salvia Divinorum


Loh kok saya malah fokus memelihara Sally? Okey , sekarang kita beralih dulu kepada kandungan Sally . Pembahasan mengenai memelihara  Sally kita tunda dulu di lain kesempatan.

Sally mengandung senyawa kimia yang disebut Salvinorin-A . Salvinorin-A ini yang bertanggung jawab atas efek halusinasi dan tidak sadar yang terjadi pada pengkonsumsi Sally. Salvinorin-A tidak ada kaitannya secara kimia dengan obat psikoaktif lainnya. Salvinorin-A murni sangat potent. Dosis hanya beberapa ratus micrograms (sepersejuta gram) Salvinorin-A murni akan memberikan effect, dan dosis di atas 1 miligram (1/1000 gram) itu terlalu banyak untuk kebanyakan orang untuk di atasi secara nyaman.

Oleh karena Salvinorin-A murni sangat potent, maka salvinorin Salvinorin-A murni tidak digunakan/dikonsumsi kecuali jika dosisnya sudah diukur secara akurat menggunakan skala kimia yang super akurat. Untungnya daun Sally lebih lemah 100x dibanding Salvinorin-A murni , Sehingga daun  Sally lebih banyak digunakan karena faktor kenyamanan.

salvinorin A


Menurut ilmu Toxicologi, Salvinorin-A itu bukan digolongkan sebagai Toxic (racun) ,atau bisa dikatakan Salvinorin-A itu golongan Non Toxic. Tidak ada orang yang pernah mati akibat overdosis Sally. Sally itu tidak membuat kecanduan atau kebiasaan. Orang yang menggunakan Sally akan selalu enggan unuk menggunakan Sally secara rutin.

Perlu ditekankan kepada pembaca bahwa Sally itu bukan stimulant (penambah stamina dan energi), Sally bukan obat tidur (sedative), Sally itu bukan penghilang rasa sakit, dan Sally itu bukan penenang. Sally digolongkan sebagai keunikan dalam kelas Farmakologi. Sally sering disebut ‘Existensia‘ . Ini kaitannya dengan filosofi pencerahan yaitu menemukan existensi alam semesta/tuhan dalam diri masing-masing.

Kepada para pembaca yang budiman, perlu diketahui bahwa saya pernah mengkonsumsi Sally hanya 1 kali saja dan memang benar yang diterangkan dan dijelaskan berbagai referensi tentang Sally bahwa Sally itu bukan obat penenang, atau obat euforia. Saat ini saya akan berpikir berulang-kali untuk mengkonsumsi kembali Sally. Bila dikasih sally secara gratis pun ,saya tetap juga bakal mikir berulang-ulang untuk konsumsi Sally.

Saya ceritakan singkat saja tentang pengalaman mengkonsumsi Sally. Dalam hal ini, Sally yang saya gunakan adalah bentuk remahan daun sally kering yang sudah diextract. Kemudian remahan sally itu saya masukkan ke pipa cangklong,dan saya bakar remahan sally dengan korek api model torch/model api las. Baru 1 hisapan, langsung seketika saya mengalami halusinasi.

Saya sangat kaget sekali betapa sangat cepat reaksi Sally dalam tubuh. Saya seperti diputar-putar tubuh dan kepala saya,padahal saya sadar kalau saya sedang duduk dan berdiam diri. Pendengaran saya pun langsung berubah seperti mendengar suara gemuruh kipas angin,baling-baling helikopter terasa dekat di telinga saya.

Selain itu saya merasakan hawa dingin yang mengalir pada tubuh saya padahal saya tahu suhu di tempat itu sedang panas-panasnya. Mungkin ini pesan yang yang disampaikan Sally,bahwa Sally ingin menunjukkan bahwa dia berasal dari tempat yang sejuk.

Lalu pandangan saya berubah,saya tidak bisa melihat sekeliling saya secara jelas. Tembok di sekeliling saya yang berwarna putih membentuk pola spiral (obat nyamuk bakar). Walaupun sudah dalam kondisi seperti itu, tak membuat rasa penasaran saya padam untuk menghisap lagi remahan sally yang terbakar dalam cangklong.

Lambut laun ,saya merasa tubuh dan tulang saya meleleh ke lantai. Saya menyadari itu adalah puncak halusinasi dari sally. Dalam halusinasi saya yang merasa seolah-olah tubuh dan tulang yang meleleh,bahkan bola mata saya terasa seperti keluar. Saya seperti mencair dan lama-lama saya tak sadar melepaskan cangklong yang ada di genggaman tangan saya karena terbawa suasana tersebut.

Sesaat tubuh saya seperti meleleh, lambat laun saya  merasakan tubuh saya menghilang ditelan bumi. Anehnya saya tidak merasakan sakit sama sekali ,walaupun dalam halusinasi itu tubuh saya sudah meleleh seperti dimasukkan dalam magma panas ,tapi dengan sensasi dingin.

Saat itu saya merasa raga,identitas,pengalaman masa lalu,prestasi,trauma saya sudah meleleh tidak ada yang tersisa diri saya. Saya merasa saya ini sudah mati atau belum?.

Di saat itu saya menyadari bahwa saya adalah sesuatu yang dilengkapi raga,identitas, pengalaman masa lalu.

Lalu dalam masa halusinasi itu saya bertanya : ” jadi siapakah sesuatu yang murni itu? “…saya menyadari Sesuatu itu murni, sesuatu yang dilengkapi raga,identitas, kelamin,pengalaman masa lalu menjadikan saya ini.

Lalu saya bertanya : “apakah sesuatu yang murni ini, sama dengan yang dimiliki manusia dan hewan lain ?”

Saya langsung mengerti apa yang ingin disampaikan oleh Sally kepada saya yaitu  “nothingness” dan saya dinasehati untuk lebih berpasrah diri lagi . Bila anda bingung dengan ocehan saya yang uraikan di atas , maka anda baiknya baca ajaran Ki Ageng Suryomentaram yaitu kawruh jiwo. Silahkan cari di google.

Proses Halusinasi yang dihasilkan Sally hanya 30 menit saja. Walaupun halusinasi itu awalnya sangat mengerikan bagi saya, tetapi ada pelajaran dan pesan yang indah dari Sally. Halusinasi yang saya tuliskan di atas masih kurang lengkap tetapi berhubung saya sangat sulit menguraikan dengan kata-kata halusinasi lain yang terjadi , maka saya menuliskan sebagian saja.

Saya yakin, Sally akan memberitahu hal apa yang diperlukan oleh orang yang menggunakannya. Tentu ini berpengaruh terhadap bentuk halusinasi nya seseorang yang menggunakan Sally. Suatu saat jika saya sudah siap maka saya akan mencoba lagi menggunakan Sally. Sayang nya harga remahan extract daun Sally terlalu mahal maka saya berharap bisa memelihara,memperbanyak,dan memanen Sally milik saya .

Di eropa dan US pun banyak yang menggunakan Sally untuk melakukan ritual meditasi ‘Vipassana’. Mereka menggunakan Sally dalam dosis rendah untuk menuju kondisi Alpha dan hening.

Saya tidak merekomendasikan Sally dikonsumsi oleh orang-orang yang masih polos. Polos ini artinya tidak pernah mengkonsumsi Sally sama sekali.Bila ada orang yang polos ingin mengkonsumsi Sally maka wajib ditemani oleh orang yang sudah pengalaman mengkonsumsi Sally.

Orang yang menemani ‘pasien’ Sally ini wajib untuk diam dan dilarang mengoceh atau bertanya-tanya kepada ‘pasien’ yang sedang berhalusinasi Sally. Cukup memegang tubuh pasien dan menenangkan bila pasien mulai bergerak-gerak tidak terkontrol.

Untuk melakukan terapi mental dengan Sally ,sebaiknya dilakukan di tempat sepi,di ruangan gelap. Seperti yang dilakukan dukun (shaman) Di pegunungan Mazatec Mexico. Dukun akan memberi  gulungan daun Sally yang segar  untuk dikunyah oleh pasien. Saat pasien  sedang mengunyah daun Sally yang pahit, dukun akan membacakan doa-doa terus. Ritual baca doa ini akan berlangsung hingga pasien mengalami halusinasi ,lalu dukun meninggalkan pasien sendirian di ruang yang gelap sambil tetap mengontrol si pasien..

Sally ini tanaman sakral yang sudah digunakan orang orang Aztect di Mexico. Kalau baca lagi cerita dan pengalaman halusinasi yang saya alami saat mengkonsumsi Sally, maka wajar Sally dikaitkan dengan tanaman spiritual atau pencerahan. Tidak Heran bila suku indian di Mazatect menjuluki Sally dengan julukan ‘Ska Maria Pastora’. Suku Indian menganggap Sally sebagai perwujudan Bunda Maria Sang Perawan.

Ada yang unik lagi saat  dukun Indian di Mazatect mengambil atau berburu Sally di pegunungan. Dukun tersebut akan menggunakan keledai untuk bisa menemukan lokasi Sally berada. Katanya sih keledai itu punya ikatan kuat dengan Sally . Entah benar atau tidak tentang berburu Sally dengan keledai itu?  Yang jelas Sally itu tanaman eksotis,dan sakral.

Setelah panjang lebar bahas halusinasi akibat mengkonsumsi Sally.Sekarang, saya akan membahas bentuk produk-produk Daun Sally. Daun Sally biasa diolah dalam 3 bentukantara lain sebagai berikut :

Daun Sally dikeringkan,dibuat remahan lalu dibuat rokok. Untuk model produk seperti ini bila hanya menggunakan remahan daun kering saja, maka tidak akan menyebabkan halusinasi  atau cuma menghasilkan efek rileks. Untuk menghasilkan efek halusinasi maka remahan sally perlu direndam dengan larutan extract Sally. Saya tidak begitu paham secara detail tentang bagaimana untuk  membuat larutan extract Sally , tetapi yang saya tahu larutan extract Sally biasanya diextract menggunakan acetone.
Daun Sally dibuat Tincture dengan menggunakan Alkohol. Daun Sally segar dicacah-cacah menggunakan blender/pencacah lalu direndam menggunakan alkohol 70-90% ,dan disimpan selama 1-2 minggu . Nanti nya larutan Sally itu dicampur sebanyak beberapa tetes ke minuman bersoda atau minuman lainnya.
Daun Sally segar dibuat gulungan/roll lalu dikunyah.  Ini cara tradisional yang digunakan oleh dukun di Mazatect. Istilah lain metode/produk ini adalah Quidding. Cara ini tidak disukai oleh orang-orang ,karena rasa nya pahit sekali dan harus mengunyah/menyirih daun sally ini selama 1 jam. Quidding ini membutuhkan daun Sally segar sangat banyak, tetapi efek halusinasi menggunakan quidding bisa berdurasi 1 jam dan lebih berwarna halusinasinya dibandingkan dengan metode lainnya. Durasi menggunakan rokok extract Sally hanya menghasilkan efek halusinasi hanya 30 menit.


Ada informasi yang saya peroleh dari forum/komunitas pecinta Salvia Divinorum di  luar negri/internasional  bahwa Sally itu tidak suka dikonsumsi dengan cara extract dirinya. Menurut mereka ,halusinasi yang dihasilkan dari mengekstrak Sally itu lebih mengerikan atau istilah lainnya bad trip. Extract Sally itu biasanya ada tingkatannya misalnya extract 5x, extract 10 x, extract 15 x ,dst.

Sally yang saya gunakan dalam yang saya ceritakan di bagian atas pada tulisan ini, saat itu saya menggunakan Sally extract 10 x. Itu saja sudah mengerikan bagi saya. Saya tidak berani membayangkan bagaimana mengerikannya Sally dengan extract lebih dari 10 kali.

Di pasaran Indonesia yang banyak beredar itu Salvia Extract . Paling maximal itu sally extract 20 x. Untuk mengkonsumsi Sally dalam bentuk Quid seperti cara yang digunakan oleh dukun Mexico, dan sesuai cara yang direkomendasikan oleh komunitas pecinta Sally internasional itu akan menemui kendala. Untuk bisa menggunakan metode Quid, dibutuhkan daun Sally yang segar dan berjumlah banyak, cara quid ini bisa dilakukan jika mempunyai kebun Sally .

Saya ingin mengingatkan lagi bahwa Sally TIDAK diperuntukkan untuk senang-senang, dan Sally TIDAK untuk euforia. Salvia Divinorum, bila anda bedah kata Divinorum , maka itu berasal kata Divine, Divine itu artinya penglihatan atau bisa juga diartikan petunjuk. Jadi Sally itu diperuntukkan untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi pada anda, Sally akan memperlihatkan wujud hantu yang ada pada diri anda, hantu ini bisa berarti gambaran mental block yang ada miliki. Sally itu salah 1 cara membantu anda untuk intropeksi diri dan mengenal diri anda.

Oleh karena itu, saya menyarankan kepada para pembaca di sini , untuk mempelajari dulu secara mendalam tentang Sally sebelum menggunakan Sally. Lalu bagi para penjual extract sally, saya berharap selektif dalam memilih pembeli. Alangkah baiknya melakukan profiling kepada calon pembeli, apakah layak atau tidak? dijual Extract Sally kepada calon pembeli itu.

Penjual extract Sally pun wajib memberikan edukasi kepada para pembeli tentang Sally, karena pada penjual lah ada tanggung jawab moral yang sangat besar tentang nama baik, legalitas dan kesakralan Sally.

Saya sering menyebut penjual extract Sally , karena yang bisa menyebabkan halusinasi adalah extract Sally. Untuk remahan kering tidak menyebabkan halusinasi, justru sangat baik untuk sakit kepala seperti migrain.

Sampai saat ini status Sally masih legal, hampir mayoritas seluruh negara melegalkan Sally. Maka dari itu kepada seluruh pembaca ,mari kita bangun persepsi yang baik tentang Sally. Jangan sampai Sally menjadi tanaman ilegal atau dikriminalisasi karena adanya kematian seseorang akibat tidak mengontrol halusinasi .

Anda tahu bagaimana suku indian Mazatec memperlakukan Sally sebagai tanaman sakral? Saran saya  gunakan lah Sally secara hati-hati dan penuh penghayatan.

Sumber : https://ksatriapuri.wordpress.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer